Edmonton, Kanada

edmonton-okEdmonton adalah ibu kota Alberta, Kanada. Edmonton adalah di Saskatchewan Sungai Utara dan merupakan pusat dari Capital Region Edmonton, yang dikelilingi oleh wilayah tengah Alberta.
Kota ini memiliki populasi 899.447 pada 2016 sensus kota, adalah kota terbesar kedua Alberta dan kota kelima terbesar di Kanada. populasi ini mewakili 66 persen dari total 2.015 penduduk 1.363.300 dalam sensus wilayah metropolitan Edmonton (CMA), Kanada terbesar kelima CMA oleh penduduk. Edmonton adalah utara kota paling utara Amerika dengan populasi metropolitan lebih dari satu juta. Seorang warga Edmonton dikenal sebagai Edmontonian.
Pertumbuhan bersejarah Edmonton ini telah difasilitasi melalui penyerapan lima kota yang berdekatan perkotaan (Strathcona, North Edmonton, West Edmonton, Beverly dan Jasper tempat) dan serangkaian aneksasi berakhir pada tahun 1982. Edmonton berfungsi sebagai jangkar utara Calgary-Edmonton Koridor. Dikenal sebagai “Gateway ke Utara”, kota adalah titik pementasan untuk pasir minyak skala besar proyek-proyek yang terjadi di Alberta utara dan operasi pertambangan berlian besar-besaran di Northwest Territories.
edmonton_1-okEdmonton adalah pusat budaya, pemerintah dan pendidikan. Ini host batu tulis sepanjang tahun festival, tercermin dalam julukan “Kanada Festival City”. Ini adalah rumah bagi mal terbesar di Amerika Utara, West Edmonton Mall (mall terbesar di dunia dari tahun 1981 sampai 2004), dan Fort Edmonton Park, museum sejarah hidup terbesar di Kanada.
Edmonton terletak di Saskatchewan Sungai Utara, dan duduk di ketinggian 671 meter (2.201 kaki). Edmonton adalah kota paling utara di Amerika Utara dengan jumlah penduduk metropolitan lebih dari satu juta. Hal ini pada garis lintang yang sama dengan Hamburg (Jerman), Dublin (Irlandia), Manchester (United Kingdom), dan Magnitogorsk (Rusia). Utara seperti itu, itu adalah selatan dari pusat geografis Alberta, yang terletak di dekat Dusun Fort Assiniboine. Medan di dan sekitar Edmonton umumnya datar dengan lembut bergulir, dengan jurang dan lembah sungai yang dalam, seperti lembah Utara Saskatchewan River. Canadian Rockies yang terletak sekitar 220 km (140 mil) di barat daya.
Utara Saskatchewan River berasal di Columbia Icefield di Jasper National Park dan membagi kota. Sebelum pembangunan dua waduk dekat pegunungan, kadang-kadang akan membanjiri lembah sungai Edmonton, terutama dalam banjir Utara Saskatchewan River dari tahun 1915. Ini bermuara melalui Sungai Saskatchewan, Danau Winnipeg, dan Sungai Nelson ke Teluk Hudson. Ini berjalan dari barat daya ke timur laut dan diberi makan oleh banyak sungai di seluruh kota, seperti Mill Creek, Whitemud Creek dan Blackmud Creek; ini menciptakan banyak jurang, beberapa di antaranya digunakan untuk taman kota. Edmonton adalah dalam padang rumput ecozone Kanada. Aspen taman, mengelilingi kota dan, bertindak area transisi dari padang rumput di selatan dan hutan boreal di utara. Namun, hutan aspen dan hutan di dalam dan sekitar Edmonton telah lama dikurangi dengan pertanian dan aktivitas manusia lainnya, seperti minyak dan gas alam.
( wikipedia)

Iklan