Sydney, Australia

City of Sydney, dilihat dari Balmain. ————-
Sydney (pengucapan bahasa Inggris: [ˈsɪdni]adalah kota terbesar di Australia, dan ibu kota negara bagian New South Wales. Sydney memiliki populasi wilayah metropolitan 4.34 juta jiwa dan luas 12.000 kilometer persegi. Penduduknya disebut Sydneysiders, dan Sydney dijuluki sebagai “the Harbour City” (Kota Dermaga), “the City of Villages” (Kota Desa-Desa) dan “the Emerald City” (Kota Zamrud). Sydney merupakan salah satu kota paling multikultural di dunia, yang tercermin dari perannya sebagai kota tujuan utama bagi imigran ke Australia.

Northern Beaches, Sydney. Wilayah metropolitan kota ini dikenali dari sejumlah besar persebaran urban, dan di sisi timur yaitu pantai di tepi Laut Tasman.

Koloni Britania pertama di Australia, Sydney, didirikan tahun 1788 di Sydney Cove oleh Arthur Phillip, komodor First Fleet. Terletak di sebuah teluk di Laut Tasman, Sydney dibangun di bukit rendah di sekitar Port Jackson. Kota ini merupakan tempat berdirinya Sydney Opera House dan Harbour Bridge. Wilayah metropolitannya dikelilingi oleh taman nasional, dan memiliki banyak teluk, sungai dan ceruk. Kota ini adalah tempat bagi berbagai taman, seperti Hyde Park, Royal Botanical Gardens dan taman nasional. Bersama dengan Sydney Harbour, hal ini merupakan faktor utama yang menjadikan kota ini sebagai salah satu kota terindah di dunia.

Bondi Beach di timur Sydney. Cuaca hangat Sydney di musim panas menjadikan pantai ini banyak dikunjungi.

Sydney dianggap sebagai sebuah kota dunia A+, berdasarkan daftar kelompok Universitas Loughborough tahun 2008 dan menempati peringkat ke-16 di antara kota global berdasarkan Global Cities Index tahun 2008 oleh Foreign Policy. Menurut survei biaya hidup Mercer, Sydney adalah kota termahal di Australia, dan termahal ke-66 di dunia. Sydney juga menempati peringkat ke-10 kota yang pantas dihuni di dunia menurut Mercer Human Resource Consulting dan The Economist. Sydney juga merupakan pusat keuangan internasional dan menempati peringkat ke-14 dari 50 kota keuangan global menurut Mastercard Worldwide Centers of Commercial Index (2007), dan peringkat ke-1 di Australia.

Gambar Sydney yang diambil oleh satelit RS NASA. Pusat kota sekitar seperempat jalan menuju pantai selatan di inlet atas, Sungai Parramatta, di selatan Sydney Harbour Bridge

Sydney Opera House

University of Sydney didirikan tahun 1850, adalah universitas tertua di Australia

Circular Quay, terminal feri utama di Sydney

Perlintasan trem Railway Square di awal 1900-an

Kota ini pernah mengadakan pesta olahraga tingkat internasional, termasuk British Empire Games 1938, Olimpiade Musim Panas 2000 dan final Piala Dunia Rugby 2003. Bandar udara utama yang melayani Sydney adalah Bandar Udara Sydney.

Woolloomooloo, New South Wales, Australia
Pantai Woolloomooloo
Woolloomooloo adalah salah satu suburb kota Sydney, negara bagian New South Wales, Australia. Letaknya sekitar 1,5 km dari Sydney central business district dan memiliki kode pos 2011. Namanya berasal dari Wolloomooloo House, dibangun oleh John Palmer. Beberapa kemungkinan asal kata ini adalah Wallamullah yang artinya ‘place of plenty’, atau Wallabahmullah yang artinya ‘young black kangaroo’. Selain itu Col. G.C. Mundy menulis bahwa nama ini berasal dari Wala-mala, artinya Aboriginal burial ground.( Wikipedia )