Askøy, Norwegia

Gereja Ask
Askøy ialah sebuah kotamadya di provinsi Hordaland, Norwegia. Pusat administratifnya terletak di Kleppestø. Askøy ialah sebuah pulau, dan memiliki salah satu kota dengan penduduk yang berkembang pesat di Norwegia karena aliran penduduk baru dari daratan utama setelah pembukaan Jembatan Askøy pada 1992. Di utara pulau utama Askøy terletaklah pulau Herdla, daerah tujuan wisata yang terkenal akan lapangan terbang peninggalan Jerman selama Perang Dunia II. Daerah utama lain di Askøy ialah Florvåg, Erdal, Ask dan Hetlevik.
Setiap musim panas sebuah festival musik bernama Lost Weekend diselenggarakan di pulau ini. Festival itu menarik para pecinta musik dari seluruh pesisir barat, ditambah dengan band-band dan artis terkenal Norwegia. Askøy tidak jauh dari Bergen, kota terbesar ke-2 di Norwegia. Sebuah perjalanan mobil khas dari Kleppesto ke pusat Bergen akan memakan waktu 20 menit.
Kotamadya ini dinamai menurut pulau utama Askøyna. Unsur pertama ialah nama pertanian (dan tempat gereja kuno) Ask (Norse Askr), unsur terakhir ialah øy artinya ‘pulau’. Nama pertanian itu identik dengan kata askr yang berarti ‘pohon abu’.
Hingga 1918 nama ini ditulis “Askøen”.( Wikipedia )