Berkeley, California

Berkeley dilihat dari Claremont Canyon Regional Preserve.
Berkeley adalah sebuah kota di pantai timur Teluk San Francisco di California Utara, Amerika Serikat. Kota-kota tetangganya di selatannya adalah Oakland dan Emeryville. Di utara terletak kota Albany dan Kensington. Di perbatasan sebelah timur terdapat batas kabupaten yang mengikuti garis pegunungan Bukit Berkeley. Berkeley terletak di Kabupaten Alameda.
Berkeley adalah lokasi Universitas California, Berkeley, kampus unggulan/teratas dari Universitas California, dan Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley, Lawrence Hall of Science, Laboratorium Sains Angkasa Luar, dan Institut Riset Sains Matematikal, yang semuanya terletak di kawasan kampus. Berdampingan dengan kampus Universitas ini terletak Graduate Theological Union. Lokasi Kota Berkeley sekarang dulunya adalah wilayah kelompok Chochen/Huichin dari suku bangsa Indian Ohlone ketika bangsa-bangsa Eropa pertama tiba. Sisa-sisa keberadaan mereka di wilayah ini, termasuk lubang-lubang di berbagai formasi batu karang yang dahulu digunakan untuk menggiling biji oak dari pohon-pohon asli daerah ini, dan gundukan kerang yang kini hampir diratakan dan tertutupi di sepanjang pantai Teluk San Francisco di muara Strawberry Creek.

Berkeley dilihat dari Claremont Canyon Regional Preserve

Artefak-artefak lainnya ditemukan pada tahun 1950-an di daerah pusat kota ketika sebuah bangunan komersial sedang diperbaiki, dekat aliran Strawberry Creek yang sama. Nenek moyang bangsa Eropa pertama (kebanyakan sesungguhnya berdarah campuran dan dilahirkan di Amerika) tiba bersamaan dengan Ekspedisi De Anza pada 1776, yang kini ditandai oleh petunjuk pada U.S. Interstate 80 yang merentang sepanjang garis pantai Teluk San Francisco di Berkeley. Hasil Ekspedisi De Anza adalah didirikannya Spanish Presidio Spanyol di pintu masuk Teluk San Francisco (“Golden Gate”) yang terletak di sebelah barat Berkeley. Di antara tentara-tentara yang bertugas di Presidio adalah Luís Peralta. Karena pelayananannya kepada Raja Spanyol, ia dianugrahi sebidang tanah yang luas di pantai timur Teluk San Francisco (“contra costa”) untuk dijadikan ranch, termasuk bagian yang kini menjadi Kota Berkeley. Luis Peralta menamai tanahnya “Rancho San Antonio”. Kegiatan utama ranch ini adalah memelihara ternak untuk diambil daging dan kulitnya. Selain itu juga berburu dan bertani. Pada akhirnya, Peralta menyerahkan bagian-bagian dari ranchnya kepada keempat anak laki-lakinya. Sebagian besar dari bagian yang kini menjadi Berkeley adalah milik Domingo, anaknya. Sisanya adalah kepunyaan anaknya yang lain, Vicente. Tidak ada artefak yang tersisa dari ranch kepunyaan Domingo ataupun Vicente, meskipun nama mereka dilestarikan dalam bentuk nama sejumlah jalan di Berkeley (Vicente, Domingo, dan Peralta). Namun demikian, surat kepemilikan sah atas tanah di Kota Berkeley tetap didasarkan pada wakaf tanah Peralta yang asli.
Rancho keluarga Peralta, San Antonio, berlanjut setelah Alta California beralih dari kekuasaan Spanyol kepada Meksiko sebagai akibat dari Perang Kemerdekaan Meksiko. Namun, kedatangan kekuasaan Amerika Serikat sebagai akibat Perang Meksiko, dan khususnya, Demam Emas, menyebabkan tanah milik keluarga Peralta dengan cepat digerogoti oleh para pendatang dan berkurang karena berbagai tuntutan hukum yang tidak jelas. Tanah Domingo dan Vicente dengan segera dikurangi dengan kehadiran sejumlah reservasi dekat rumah ranch mereka masing-masing. Sisa tanahnya disurvai dan dibagi-bagi kepada berbagai orang Amerika yang menuntutnya. Secara politik, daerah yang menjadi Berkeley pada mulanya merupakan bagian dari Kabupaten Contra Costa yang sangat luas, namun tak lama kemudian Kabupaten Alameda dibentuk dengan membagi Kabupaten Contra Costa. Wilayah di mana kelak berdiri Berkeley pada masa ini kebanyakan adalah campuran dari tanah terbuka, tanah pertanian dan ranch, dengan sebuah pelabuhan nelayan yang kecil namun sibuk di Teluk. Namanya belum menjadi “Berkeley”, melainkan cuma bagian utara dari “Kota Oakland” yang merupakan sub-bagian dari Kabupaten Alameda. Tahun 1866, College of California yang berlokasi di kota Oakland mencari sebuah lokasi baru. Mereka mengambil lokasi di bagian utara kota Oakland sepanjang lembah Contra Costa Hills (sekarang ini disebut Berkeley Hills). Menurut Centennial Record of the University of California, “Tahun 1866…di Founders’ Rock, sekelompok pemuda College of California melihat 2 kapal bersandar di laut melewati Golden Gate. Salah satu dari mereka, Frederick Billings, teringat kata-kata dari Bishop Berkeley, westward the course of empire takes its way,, lalu menyarankan agar tempat dan kawasan universitas tersebut dinamai seperti filsuf dan penyair Inggris abad ke-18 itu. Asosiasi dari College of California membuat sebuah rencana bangun dan jalan yang nantinya akan menjadi rencana bangun kota Berkeley sekarang ini. Mereka berusaha untuk mencari dana meskipun hasilnya tetap di bawah keinginan. Mereka juga berkolaborasi dengan negara bagian California untuk mendirikan Universitas California tahun 1868. Selagi konstruksi dimulai di tanah baru itu, semakin banyak pula tempat tinggal yang dibangun di daerah sekitar kampus. Populasi kota ini per dekade:
1890 – 5,101
1900 – 13,214
1910 – 40,434
1920 – 56,036
1930 – 82,109
1940 – 85,547
1950 – 113,805
1960 – 111,268
1970 – 116,716
1980 – 103,328
1990 – 102,724
2000 – 102,743
Berkeley terletak pada koordinat 37°52’18” Utara, 122°16’29” Barat (37.871775, -122.274603)
Menurut Biro Sensus AS, kota ini memiliki luas total 17.7 mi² (45.9 km²). 10.5 mi² (27.1 km²) diantaranya adalah daratan dan 7.2 mi² (18.8 km²) diantaranya air (40,9%).
Berkeley dikelilingi oleh kota Albany, Oakland, dan Emeryville, serta Contra Costa County, Kensington, dan San Francisco Bay.
Kawasan Berkeley dilayani oleh Amtrak, AC Transit, BART (Downtown Berkeley Station, North Berkeley, dan Ashby Station) juga bus shuttle yang dioperasikan beberapa operator lainnya, termasuk juga UC Berkeley dan Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley. Freeway utama yang ada di kota ini hanya Interstate 80. Tiap hari ada ribuan mobil yang masuk ke kota ini, terutama siswa dan karyawan Universitas Berkeley.
Kota Berkeley mempunyai tingkat pemakaian sepeda dan berjalan kaki tertinggi di negara ini. Di kawasan sekitar kampus UC, para siswa sering terlihat menyeberang jalan, terutama di jalan-jalan satu arah dekat kampus. Berkeley merupakan salah satu kota teraman untuk para pesepeda dan pejalan kaki.
Tom Bates, Wali kota Berkeley (terpilih 2002), menikah dengan Anggota Dewan Perwakilan California dan bekas wali kota Berkeley Loni Hancock
Wali kota sebelumnya
Wallace Johnson (Republik) 1963-1971
Warren Widener (Demokrat) 1971-1979
Gus Newport (Berkeley Citizens Action) 1979-1986
Loni Hancock, (Berkeley Citizens Action) 1986-1994
Shirley Dean, (Berkeley Democrat Club) 1994-2002 ( Wikipedia )