Fresno, California-USA

Fresno adalah kota keenam terbesar di California dan ibu kota Kabupaten Fresno. Dengan estimasi jumlah penduduk 464.727 (2005) dan estimasi populasi wilayah metropolitan 1.002.284, kota ini merupakan kota terbesar di wilayah Central Valley California. Metropolitan Fresno terdiri dari kota Fresno, kota satelit Clovis yang menempel di sebelah timur dengan Fresno, serta kota kecil lainnya seperti Selma dan Madera. Fresno terletak di koordinat 36°47′ LU, 119°48′ BT.
Fresno memiliki universitas negeri yang terkenal yaitu California State University yang terletak di sisi utara Shaw Avenue, salah satu jalan besar di kota ini yang membentang barat – timur. Sedangkan jalan utama yang membentang utara – selatan, yaitu Blackstone Avenue merupakan daerah bisnis yang ramai.

Perpustakaan di California State University, Fresno, 25 Juli 2009

Fresno yang terletak di San Joaquin Valley, California bagian tengah dapat ditempuh dengan mobil selama 3 jam dari San Francisco, atau 3.5 jam dari Los Angeles. Jalan bebas hambatan atau freeway untuk keluar kota adalah California State Route 99. Jalan bebas hambatan dalam kota Fresno adalah Freeway 41 yang juga menuju ke Taman Nasional Yosemite di utara, dan kota pantai San Luis Obispo di selatan. Jalan bebas hambatan di kota Fresno yang baru dibuka yaitu Highway 168. Bandara di Fresno sekarang bernama Bandara Internasional Fresno Yosemite, yang dulunya bernama Fresno Air Terminal. Bandara ini terletak di bagian tenggara kota Fresno. Sedangkan Bandara Chandler untuk angkatan udara berlokasi dekat downtown. Downtown Fresno yang merupakan kota lama dimana banyak gedung pemerintahan, Fulton Mall, Convention Center, serta stasiun kereta api terletak di bagian selatan.

Pusat kota Fresno

Sejak tahun 1990-an kota Fresno berkembang cepat terutama di bagian utara. Woodward Park adalah sebuah taman mewah di bagian utara kota Fresno, dan di daerah sekitarnya adalah pemukiman baru kelas atas. Old Fig Garden adalah daerah pemukiman lama yang mewah di bagian barat kota. Pada bulan Desember menjelang hari Natal, ada Christmas Tree Lane yang mana di sepanjang jalan, dan rumah-rumah dihiasi lampu yang indah.( Wikipedia )