Flagstaff, Arizona-USA

16 Maret 2006

Flagstaff adalah sebuah kota yang terletak di utara Arizona, di barat daya Amerika Serikat. Pada tahun 2010, populasi kota ini adalah 65.870 jiwa. Populasi Flagstaff Metropolitan Area adalah 134.421 jiwa pada tahun 2010. Kota ini adalah ibukota kabupaten Coconino County, Arizona. KOta ini dinamai sesuai dengan tiang bendera yang terbuat dari kayu Pinus Ponderosa yang dibuat oleh seorang tentara pemandu dari Boston (dikenal sebagai “The Second Boston Party”) untuk merayakan 100 Tahun Amerika Serikat pada tanggal 4 Juli 1876.
Flagstaff terletak dekat ujung barat daya Dataran Tinggi Colorado, berdampingan dengan sisi barat jalur hutan Pinus Ponderosa terbesar di daratan benua Amerika Serikat. Flagstaff terletak bersampingan dengan Mount Elden, di selatan San Francisco Peaks, kelompok pegunungan tertinggi di Arizona. Humphrey’s Peak, titik tertinggi di Arizona dengan ketionggian 3,850 meter, terletak sekitar 16 km utara Flagstaff di daerah Kachina Peaks Wilderness.
Mulanya ekonomi Flagstaff tergantung pada industri kayu, rel kereta dan peternakan. Saat ini, kota ini tetap menjadi sebuah pusat distribusi penting bagi perusahaan-perusahaan seperti Nestlé Purina PetCare dan Walgreens, serta menjadi markas bagi Lowell Observatory, Observatorium Angkatan Laut Amerika Serikat, Stasiun US Geological Survey, dan Northern Arizona University. Flagstaff memiliki sektor pariwisata yang kuat, karena lokasinya yang dekat dengan Taman Nasional Grand Canyon, Oak Creek Canyon, Arizona Snowbowl, Crater Meteor dan jalan Route 66 yang bersejarah. Kota ini juga menjadi pusat pabrik peralatan medis, kantor pusat bagi perusahaan W. L. Gore and Associates.(Wikipedia )