London, Inggeris

London (pengucapan bahasa Inggris: [ˈlʌndən]) adalah ibu kota Inggris dan Britania Raya. Kota yang dibangun oleh orang Romawi pada masa lampau dan dulu disebut Londinium ini pada 1 Januari 2005 berpenduduk sekitar 7,4 juta jiwa di daerah London Raya dan berjuta-juta jiwa lagi di daerah metropolitannya. Penduduk London terdiri dari berbagai macam etnik, budaya, dan agama, serta berbicara dalam hampir 300 bahasa, yang menjadikannya kota paling kosmopolitan dan dinamis di dunia. Penduduk London biasa menyebut dirinya Londoner. London juga merupakan basis berbagai organisasi, institusi dan perusahaan yang berpengaruh di dunia. London juga merupakan percampuran antara tradisi dan teknologi, serta salah satu tujuan wisata utama. London termasuk salah satu kota besar di dunia bersama New York, Paris, dan Tokyo. London juga sangat berkembang dalam berbagai bidang seperti finansial, komunikasi, dan seni. London juga memiliki berbagai kastil, museum, teater, gedung konser, galeri, bandara, stadion olah raga, dan istana. Pada 6 Juli 2005, London berhasil mendapatkan hak menyelenggarakan Olimpiade 2012. Sebelumnya, London juga pernah menyelenggarakan Olimpiade 1908 dan Olimpiade 1948.

Geografi
London Raya meliputi daerah seluas 609 mil persegi atau 1.579 km². Awalnya, London didirikan di daerah utara Sungai Thames dengan sebuah jembatan, London Bridge. Pada abad ke-18 saat banyak jembatan dibangun, London mulai berkembang ke segala arah.

Sejarah
Nama London diperkirakan berasal dari Londinium dalam bahasa Latin. Kota yang didirikan orang Romawi ini menjadi ibukota bagi provinsi Brittania pada masa kekuasaan Romawi di Inggris. Setelah Kekaisaran Romawi jatuh, kota ini ditinggalkan dan pada abad ke-7, sebuah kota Saxon berdiri sekitar 1 mil di barat Aldwych modern dengan nama Lundenwic. Kota London Romawi dihuni kembali sekitar abad ke-9 dan 10. Dalam perkembangannya, Westminster yang tadinya sebuah kota sendiri, berkembang bersama dengan London dan menjadi kota terbesar di Inggris walaupun belum menjadi ibukota. Ibukota Inggris sampai sekitar abad ke-12 adalah Winchester.

Istana Westminster (Gedung Parlemen) dan Big Ben, London

Transportasi
Transportasi Darat
Rel
London Underground adalah jaringan kereta bawah tanah yang tertua di dunia dan mungkin juga tersibuk dengan 3 juta pengguna per hari. Namun, belakangan mulai terlihat penurunan layanan seperti kepadatan dan keterlambatan kereta karena kurang investasi. Layanan kereta ke daratan Eropa dilayani lewat Channel Tunnel yang menyeberangi Selat Dover.

Transportasi Udara
London dilayani oleh sekitar 6 bandara dengan 3 buah di dalam batas London Raya dan 3 di luar. Yang terbesar adalah Heathrow yang menjadi bandara utama dan sebuah hub penerbangan yang penting. Karena posisinya di dalam batas London Raya, proyek perluasannya selalu mendapat perlawanan. Walau begitu, Terminal 5 yang sedang dibangun akan dibuka pada 2008.

Bandara internasional London lainnya adalah Gatwick dan Stansted yang per tahun melayani masing-masing 30 juta dan 20 juta penumpang. Tiga bandara lainnya adalah Biggin Hill, London City Airport dan Bandara Luton London.

Transportasi Air
Sungai Thames bisa dilalui kapal yang melaut sampai sekitar London Bridge dan oleh kapal-kapal kecil sampai keluar batas London Raya. Awalnya, transportasi air adalah salah satu transportasi utama di London namun sekarang lalu lintas air hanya dipakai sebagai wisata.
London juga mempunyai jaringan kanal, termasuk Kanal Regent’s yang menghubungkan Thames ke Grand Union Canal. ( Wikipedia )