Nelson, Selandia Baru

( sumber foto, world66.com )
Kota Nelson dekat dengan pusat Selandia Baru. Terletak di tepi Teluk Tasman, di ujung utara Pulau Selatan, dan merupakan pusat administratif region Nelson.
Nelson adalah pusat seni dan kerajinan, dan setiap tahun mengadakan acara terkenal seperti Nelson Arts Festival. Wearable Art Awards tahunan dimulai di Nelson dan sebuah museum, World of Wearable Art, sekarang didirikan dekat Bandar Udara Nelson yang memamerkan desain pemenang.
Brightwater, dekat Nelson adalah tempat lahir Lord Rutherford, ahli fisika pemenang Penghargaan Nobel yang wajahnya terpampang di uang kertas $100 Selandia Baru, denominasi terbesar pada peredaran uang di Selandia Baru.
Nelson mendapatkan namanya dari Laksamana Horatio Nelson yang mengalahkan kapal Perancis dan Spanyol dalam Pertempuran Trafalgar tahun 1805. Banyak jalan dan area publik di sekitar kota dinamai setelah nama orang dan kapal yang berkaitan dengan pertempuran ini dan Trafalgar Street adalah pusat perbelanjaan utama di kota ini. Penduduk Nelson disebut Nelsonians.
Nama Māori Nelson, yakni Whakatū. berarti ‘membangun’, ‘membesarkan’, atau ‘mendirikan’. Nelson adalah satu dari beberapa kota Selandia Baru yang memiliki benderanya sendiri.
( sumber foto, huno.com )
( sumber Wikipedia )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s